-->

Iklan

Follow Us on Facebook

Pesatnya Dunia Industri Di Karawang,Emin Syaepudin :"Jangan Sampai Kenaikan UMK Hanya Di Nikmati Tenaga Kerja Dari Luar Karawang"

Duta Berita
Saturday 25 December 2021, 12:22 WIB Last Updated 2024-03-07T01:47:41Z


    Foto  : Emin Syaepudin

 

KARAWANG,DUTA BERITA.COM-Dengan pesatnya perkembangan dunia industri saat ini di Kabupaten Karawang, terlihat dari semakin luas dan banyaknya kawasan - kawasan industri yang disertai pembangunan perusahaan manufaktur.


Namun hal tersebut di mata Emin Syaepudin selaku Kepala Desa Wanajaya, Kecamatan Teluk Jambe Barat, Kabupaten Karawang, tidak berbanding lurus dengan angka pengangguran yang sepertinya terus meningkat.


"Seharusnya dengan bertambahnya perusahaan apalagi perusahaan manufaktur yang notabennya dapat menyerap banyak tenaga kerja, bisa menurunkan jumlah angka pengangguran yang ada di sini (Kabupaten Karawang),"ucap Emin Syaepudin,pada awak media saat di kediamannya,Sabtu, (25-12-2021)


Emin Syaeudin berkata demikian karena saat ini Perusahaan - perusahaan penerima tenaga kerja, mengharuskan para calon tenaga kerjanya memiliki kapasitas skill dan kemampuan yang diinginkannya secara instan.


Sebagai kepala desa Ia sangat menyayangkan, apabila ada warganya yang ditolak begitu saja karena tidak memiliki skill yang siap pakai, kalah dengan para calon tenaga kerja yang berasal dari luar daerah yang memang memiliki skill dan kemampuan siap pakai, karena mereka sepertinya sudah terdidik dan terlatih sebelumnya.


"Untuk itu kami selaku orang - orang yang melihat langsung proses tersebut di lapangan, meminta pemerintah daerah di sini dapat mengambil peran sebagai pihak yang mampu meningkatkan kualitas tenaga kerja lokal dengan mengoptimalkan BLK - BLK (Badan Latihan Kerja), sebagai leading sektor peningkatan kualitas tenaga kerja lokal,"tegasnya.


"Jangan sampai kenaikan angka UMK (Upah Minimum Kabupaten) hanya dinikmati para tenaga kerja dari luar daerah, karena calon tenaga kerja lokal kalah bersaing di daerahnya sendiri"pungkas Emin.


Liputan           : pik

Editor              : Bung Regent

Komentar

Tampilkan

Terkini